Thursday, March 29, 2018

Contoh Program Promosi K3: Penerbitan "Monthly Safety Bulletin"

PT. Airline X merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi khususnya transportasi udara (penerbangan) untuk warga sipil dan cargo. PT. Airline X telah memiliki kurang lebih 22 kota destinasi penerbangan reguler di seluruh indonesia dan beberapa penerbangan charter baik dalam maupun luar negeri. Oleh karena tingginya jumlah penerbangan yang dijalankan oleh PT. Airline X ini maka faktor keselamatan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan lagi. Namun sayangnya saat ini budaya keselamatan ini masih banyak yang tidak mengindahkannya, bahkan termasuk karyawan pada perusahaan penerbangan itu sendiri. Sehingga, sangat dibutuhkan suatu program promosi keselamatan yang dapat mencakup semua personil pada PT. X baik yang ada di kator pusat maupun personil di lapangan.



Gambar hanya referensi - bukan yang benar digunakan oleh PT. Airline X

Source: https://issu.com


Salah satu safety program yang dilaksanakan oleh PT. Airline X ini adalah penerbitan Monthly Safety Bulletin. Program ini bertujuan untuk:
  1. Menjelaskan informasi, saran, tips keselamatan penerbangan dan kesadaran mengenai potensi risiko baik yang terkait dengan pengoperasian pesawatnya langsung maupun pada area sekitar pesawat (area ramp).
  2. Memberikan akses pembelajaran dari pengalaman dan gagasan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.
  3. Memberikan analisis-analisis dan gambaran isu terkini masalah keselamatan penerbangan sehingga setiap personil pada PT. Airline X, walaupun bukan personil safety, dapat mengerti pentingnya keselamatan.

Monthly Safety Bulletin dibuat dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan English. Divisi yang bertanggung jawab membuat dan menyebarkan (mendistribusikan) nya adalah safety department, namun materi dan masukannya bisa dari seluruh personel safety department ataupun dari divisi lainnya asalkan materi itu terkait dengan keselamatan penerbangan. Monthly Safety Bulletin merupakan program promosi yang bersifat rutin diberikan di setiap bulannya. Target dari program ini adalah seluruh personil PT. Airline X yang tersebar di seluruh Indonesia.


Sistem penerbitan Monthly Safety Bulletin adalah setiap awal bulan (tanggal 1-2 di setiap bulannya) akan dikirimkan notifikasi via email kepada seluruh safety personnel dan chief dari divisi lain untuk meminta materi, ide, isu-isu terbaru, ataupun saran terupdate untuk dijadikan bahan bulletin. Ide-ide, artikel, saran, dan sebagainya ini akan terkumpul pada email safety pada tanggal 3-4 di setiap bulannya. Kemudian personil safety akan melakukan analisis, editing, penulisan, dan sebagainya hingga bulletin siap terbit paling lama tanggal 10 di setiap bulannya. Agar seluruh target program ini menerimanya maka Monthly Safety Bulletin selain di cetak hardcopy tetapi juga dikirimkan (blast) via email kepada seluruh personil yang bekerja di airline X di seluruh Indonesia.
Untuk analisa penerapan Mothly Safety Bulletin ini dengan menggunakan pendekatan "PDCA Deming" dapat dibuka dengan meng-klik di sini.




Semoga bermanfaat,

Salam,
Anak KaTiga

2 comments:

  1. apakah ada bulletin dari pt airline x nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setiap bulan biasanya publish dan bulletin ini di sebarkan pada seluruh penumpang saat berada di pesawat. Biasanya bulletin diletakkan pada kantong kursi tempat duduk pax

      Delete

Rekomendasi Artikel Lain Untuk Anda: