Monday, April 2, 2018

Contoh Kasus Kecelakaan Kerja - Video Kebocoran Pipa Minyak di Teluk Balikpapan


Kecelakaan kerja ibaratnya seperti gunung es di lautan. Sehingga muncullah teori yang bernama the iceberg theory. Teori ini menjelaskan biaya-biaya dan kerugian lain secara tidak langsung yang dimana ternyata jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan biaya langsung yang harus dikeluarkan perusahaan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.


Ilustrasi Iceberg Theory


Jadi, walaupun secara kasat mata tidak ada pekerja yang meninggal atau cacat, namun ada akibat dari kecelakaan kerja ini yang jauh lebih besar yang harus di tanggung perusahaan bahkan orang-orang yang berada disekitar area perusahaan, seperti: biaya perbaikan dan pergantian peralatan serta area kerja, jatuhnya image perusahaan sehingga investor menarik dana dari  perusahaan, segala bentuk ganti rugi yang harus di tanggung apabila kecelakaan melibatkan penduduk sekitar ataupun melibatkan lingkungan sekitar yang terkena cemaran atau dampak kecelakaan lainnya. Selain itu, akibat minimal yang akan dirasakan perusahaan saat terjadi kecelakaan kerja adalah terganggunya proses produksi, dimana ketika terjadi kecelakaan kerja, proses produksi harus dihentikan sementara, pekerja yang seharusnya memegang kendali pada suatu alat harus henti kerja sementara (hilangnya hari kerja), sehingga hal ini membuat perusahaan tidak menghasilkan produk apapun dalam waktu berjam-jam atau berhari-hari atau bahkan lebih dari pada itu.

Tumpahan Minyak yang Mencemari Laut Teluk Balikpapan


Seperti kasus kebocoran pipa pendistribusian minyak mentah, dimana minyak langsung menyebar mencemari lautan Teluk Balik Papan April 2018. Hal ini jelas Anda tau sendiri apa akibat buruknya kecelakaan kerja seperti ini buat lingkungan dan para penduduk disekitar wilayah ini, bukan?

Serta butuh berapa tahun lamanya agar laut dapat bersih kembali?..
Berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk ganti rugi?..


Video Kecelakaan Kerja Kebocoran Tangker




Belum lagi para warga sekitar tidak diizinkan menggunakan air hujan karena air hujan juga telah terkontaminasi bahan beracun berbahaya (B3) ini.

Source: Bali Pos


Nah jadi jelas, apapun bentuk kecelakaan kerja nya, walaupun tidak menelan korban nyawa sekalipun, namun kecelakaan kerja tetap berdampak besar terhadap perusahaan yang mengalaminya serta lingkungan dan orang-orang lain yang ada di sekitarnya.

Masih berfikir K3 dalam perusahaan itu tidak penting?..


Semoga Bermanfaat,

Salam,



No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Artikel Lain Untuk Anda: